Jumat, 15 September 2023

Bagaimana Aku Mengatasi Pilek atau Flu dengan Cepat

Hari minggu kemarin aku merasakan gejala tidak sehat. Hidung tiba-tiba tersumbat berair dan bawaannya gatal. Padahal dalam tiga bulan ini alhamdulilah kondisiku selalu fit. Aku bahkan sempat ngomel-ngomel sendiri karena tidak punya alasan untuk ijin kerja. 

Nah keesokan harinya, senin, tenggorokanku mulai terasa aneh seperti tercekat dan selalu kekeringan, Pulang kerja aku langsung tertidur sampai jam 8 malam karena sakit kepala. Disini aku sadar kalau sepertinya akan pilek. Karena terbangun malam, aku baru bisa tidur kembali saat subuh. Sakit tenggorokanku juga makin parah. Jadi hari selasa (yang akhirnya kunantikan, tidak masuk kantor) aku ijin dengan alasan sakit karena tenggorokanku memang benar-benar sakit (bingung mau senang atau sedih). Kugunakan hari itu untuk istirahat dan mengoptimalkan tubuh. 

Dulu pernah, mau pilek juga, tapi di cecar dengan minum komix, susu beruang dan youc1000 selama 3 hari berturut2 alhamdulilah sebelum klimaks sakit tenggorokannya udah hilang. Rasanya sih lucu kayak mau bersin tapi gak jadi. 

Kali ini aku mencoba eksperimen mengatasinya dengan konsumsi yang lain, mungkin singkatnya sesuai dengan gambaran dibawah ini ya~ Hhhahahaa entah berapa lama waktu yang kuhabiskan mencoba mengingat hal-hal lima hari terakhir. Yang paling rinci tentu saja konsumsi harian, karena sebagai irt aku paling syuka membuat rencana masakan dalam seminggu. Dengan membuat jadwal akan menghemat waktu berpikir "mau masak apa hari ini" dan bisa menyeimbangkan gizi serta masakan yang bervariasi.

My week in a picture ;v

Baiklah mari ke panjabaran gambar yang cukup tidak penting, ah tapi demi menghemat waktu kita langsung saja ke kesimpulan. Kesimpulannya kita harus cepat tanggap terhadap gejala awal pilek sehingga bisa segera melakukan pencegahan atau pengobatan. Adapun pengobatan terbaik dilakukan dengan menjaga diri dan makanan yang masuk ke tubuh kita. Perbanyak konsumsi air dan makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Yakin deh ggak butuh waktu lama pasti langsung sembuh.

Namun perlu digaris bawahi, jika ada hal yang harus kita lakukan, ada pula yang harus kita hindari. Antara lain menghindari makanan yang bisa meyebabkan sakit makin parah. Misalnya makanan yang kering, berminyak, dingin maupun manis. Saat sakit tenggorokan, itu artinya ada radang di tenggorokan kita, dan jika makanan2 itu lewat di tenggorokan pasti akan melukai dan menyebabkan radang semakin parah. Itulah kenapa aku yang udah hampir sembuh kemarin malah sakit kembali :'D batu sih. Gorengan terusss......... es terusss........

Wkwk sok informatif sekali postinganku kali ini ya blog.

0 komentar:

Posting Komentar