Minggu, 05 Februari 2023

Keterbatasan dan Kelebihan Diri sebagai Identitas

Sebenarnya bingung sekali mau kasih judul apa, akhirnya kubuat ala-ala judul pidato. Si paksu mah baru 10 menit udah tidur -_- padahal materinya terlalu bagus. 

foto hanya pemanis~

Malam ini aku ikutan mendengar majelis online yang diikuti Pak Suami. Ada kutipan "Setiap kalian adalah pemimpin, dan masing-masing kalian akan dimintai pertanggungjawaban". Sudah tau tentang apa ini? yes, materinya tentang leadership, khalifah. 

Kita disuruh memikirkan apa peran kita di duniaNya, sehingga ketika suatu saat Allah bertanya "apa peranmu di dunia Ku?", berarti kita sudah bisa menjawab dan tahu peran kita. Ada banyak sekali yang berkomentar di zoom meeting mengenai perannya. Ada yang sebagai pengusaha, guru, ustad, dll.

Biasanya kalau kita menjawab dengan cukup rinci dan spesifik berarti kita sudah mengetahui peran unik kita. Kenapa disebut peran unik? Manusia punya keterbatasan dan tidak bisa melakukan semua hal. Karena kita punya kelebihan itulah isyarat dari Allah yang harus di optimalkan sebagai modal utama untuk lebih spesifik dan fokus.

Peran manusia ada dua, yaitu Peran Unik : dengan profesi utama kita misalnya guru dan Peran aktual : yaitu peran yang muncul di waktu dan saat tertentu misal ketika di rumah jadi suami, dilingkungan jadi pak rt dah.

Allah ingin kita berkolaborasai dengan umat manusia untuk mengatasi keterbatasan, paham bahwa kita diberi fitrah keterbatasan dan keunggulan sebagai identitas, jadi bentuk terbaik dari diri kita.

======

Bismillah bisa yah menjadi bentuk terbaik dari diri kita. Insya Allah tahun ini semua impian dan cita-cita semakin dekat dan tercapai. Amiinn.

======

0 komentar:

Posting Komentar