Rabu, 10 November 2021

Bagaimana Aku Mengatur Keuangan untuk Budget Biaya Rumah Tangga

Kemarin di beranda facebookku ada dua postingan yang (katanya viral) menyinggung tentang alokasi budget rumah tangga dengan penghasilan pas-pasan di masa pandemi. Aku jadi tertarik untuk ikut membuat postingan budget rumah tanggaku. 

Setahun lebih aku menikah itu aku gak terlalu perhatiin biaya dan pengeluaran rumah tangga karena aku gak buat catatan. Awal nikah sih aku coba buat catatan keuangan rumah tangga, tapi waktu itu gak mudah karena keuangan dipegang masing-masing. Aku pegang gajiku, paksu atur keuangannya sendiri. Dulu doi itu gak ngasih jatah bulanan gais, pas mau belanja baru dikasih. Itu pas-pasan pula kadang aku tambah atau pakai uangku sendiri. Inilah alasannya para wanita kenapa kalian perlu punya penghasilan sendiri. Selain untuk kebutuhan pribadi juga bisa membantu keuangan rumah tangga maupun menutupi kekurangan biaya rumah tangga. Tapi selama ini sih yang wajib keluarkan biaya rumah tangga itu Paksu. Aku cuma mengurus pengeluaranku sendiri.

Langsung saja, ini adalah Rencana alokasi keuanganku per November 2021

Rencana alokasi budget november

Ini sebenarnya blueprint rencana pengeluaran tetap karena penghasilanku juga tetap tiap bulan. Kalau ada tambahan pemasukan maupun pengeluaran aku menyesuaikan saja. 

Pemasukan utamaku itu berasal dari gaji pekerjaan admin di sebuah perusahaan pengembang perumahan. Pekerjaannya tidak berat dan cuma lima hari kerja. Dari segi kenyamanan ini memang pekerjaan yang kuidamkan. Tapi dari segi penghasilan masih jauh. Tapi syukur bangetlah ini, diluar sana banyak orang yang masih mencari-cari kerjaan nah aku sendiri udah gak pusing nganggur. Disamping gaji pokok aku dapat biaya konsumsi serta fasilitas bpjs.

Untuk pengeluaran ada :

  1. Zakat penghasilan, biasanya aku bagi ke orang luar. Aku keluarin zakat karena waktu kuliah dulu ada dosen yang pernah wanti-wanti untuk selalu mengeluarkan zakat atas penghasilan atau pendapatan yang kita terima (maksudnya sih beasiswa wkwk). Tapi menurut yang kubaca, zakat penghasilan wajib dikeluarkan jika telah mencapai batas nisab. Untuk zakat penghasilan bulanan, batas nizabnya itu 653kg beras, kalau dirupiahkan sekitar 6,53juta bersih diluar kewajiban dan hutang. Gajiku yang setengahnya aja gak sampai, tapi gas ajalah, karena aku niatnya harta itu bukan cuma milikku, ada hak orang lain disana.
  2. Kewajiban. Aku punya dua kewajiban sih, angsuran motor dan arisan. Semuanya baru selesai tahun depan.
  3. Tabungan. Rencana mau komitmen menabung lagi. Dulu-dulu komitmennya kurang. Soalnya dihandel sama Paksu yang aku gak tau dimana rimbanya tabungan itu. Belakangan baru tau kalau tabungan sudah menjadi kopi. Kali ini gak akan lagi kuberikan celah Ferguso!
  4. Sedekah. Biasanya kukeluarkan untuk orang yang kukenal cenderung keluargaku sih wkwkwk. Bapak sudah tua, aku anak tertua, adek-adek masih sekolah. Rasanya ikut bertanggung jawab untuk membantu keluarga dirumah. Sedekah ini mirip iuran wajib bulanan ya Bun ^.^
  5. Kebutuhan. Gak bisa ditunda dan ditahan. Data bulanan dan biaya bensin.
  6. Hiburan adalah pengeluaran untuk kesenanganku. Biasanya sih pengeluaran untuk pesan makanan online,belanja online.
  7. Biaya tak terduga adalah biaya-biaya yang kadang kukeluarkan tanpa rencana. Misalnya uang belanja dari paksu kurang, yah aku pakai ini untuk menutupi. Biaya admin (5) rekening 100ribu juga masuk disini ajalah.

Itu semua cuma rencana alokasi budget bulan ini yah. Kalau realitanya sih gini, tadaa...

Realita alokasi budget
 

Alhamdulilah ada tambahan rejeki. Dapat nafkah dari suami dan sedekah dari Haji Lili. Jadi nafkah dari Paksu ini hasil dari isi materi pada kegiatan di Pare-Pare. Aku tabung lagi deh sebagian. Haji Lili sendiri sih orang tua yang sering ke kantor karena ada urusan dengan bos. Kadang juga ada pemasukan tambahan dari onlineshop, tapi emang bulan ini belum ada pesanan aja.

Ada beberapa perubahan dipengeluaranku, zakatnya bertambah dan angsuran motornya jadi 2x lipat wkwk. Baru ingat kalau bulan lalu gak bayar karena rencana budget angsuran motor teralokasikan untuk bayar hape yang kugunakan sekarang (ahem, hapenya baru). Terus tabungannya juga bertambah 250rb dari rencana sebelumnya. Empat pengeluaran lain masih status on going. Bakalan bertambah terus pastinya. Semoga cukup-cukup aja ya.

Diluar catatan ini ada biaya pengeluaran lain yang wajib tapi kuanggap tanggung jawab Paksu. Apakah ituu??

  • Listrik 
  • Indiehome
  • Belanja bulanan +-600.000
  • Belanja mingguan (x4) +-600.000
  • Belanja Ikan Pelelangan (x2) +-400.000 
  • Biaya Refreshing +-400.000

Gak ada nominal pengeluarannya berarti masuk di alokasi pengeluaran perusahaan. Enaknya tinggal ditempat usaha gini deh. Bisa nebeng fasilitas wkwk. Menurutku sendiri, pengeluaran masih begitu besar, mungkin bisa lebih hemat lagi tapi harapannya sih semoga pemasukan yang jadi lebih besar. 

Tapi tau gak, sebenarnya ada formula mengelola keuangan yang bagus untuk diterapkan. Formulanya adalah 40-30-20-10. Gunakan penghasilanmu 40% untuk kebutuhan, 30% untuk kewajiban, 20% saving dan 10% berbuat kebaikan. Selamat mencoba^_^

0 komentar:

Posting Komentar