Minggu, 29 Agustus 2021

Drama Masakan Rumah dan Luar Rumah

Weekend adalah hari favoritku karena libur hhehe. Btw kemarin aku ikut vaksin pertama yang di adakan HMPI Korwil Gowa rencananya di Klinik Utama Andi Baso Erang depan codel tapi pindah ke Gedung PPG Pesantren Madani Paopao. Karena datang cepat jadi selesainya juga cepat. Screening aman cuma pengecekan tensi darah sedikit tinggi 140. Ditanya usia, aku jawab 27, kata dokternya masih muda, tapi tensinya tinggi,  mungkin pengaruh cemas karena mau vaksin. Padahal aku gak ngerasain apapun gituloh, panik cemas atau takut vaksin nggak tuh. Kawatir dibikin lama jadi aku iya-iya aja.

Akhirnya ikut vaksin pertama

Ditemani Lisa, hari itu vaksinasiku selesai gak sampai jam sepuluh pagi. Soalnya mendengar cerita serta mengingat pengalaman rencana vaksin dulu di Citra Garden yang mana antriannya tidak main-main (akhirnya gagal vaksin), aku mempersiapkan diri untuk datang lebih awal, bahkan mendahului panita. Kalau gak salah sebelum jam 8 pagi. Setelah vaksin cus beli air kelapa. Ini informasi dari jalanan gak tau teori darimana katanya habis vaksin minum air kelapa. Oia aku vaksin ngajak rekan kerja, Pak Masnun dan Istrinya, Tapi karena antrian kita jauhan jadi langsung pisah. Pak Suami gak bisa ikut karena seperti biasa beliau ada agenda di kampung halamannya. Sekalian antar pulang Mertuaku dan Om Toro. Padahal dia yang kasih info vaksin berhubung ketupat adalah temannya, tapi malah dia yang gak bisa ikut. Sudahlah.

~

Sesuai judul, aku mau cerita tentang drama rumah tangga yang mana subjeknya adalah masakan rumah. Semenjak menikah, aku jadi merasa bertanggung jawab atas makanan hangat dan pakaian bersih keluargaku. Saat makanan yang kumasak dimakan, dan baju-baju bersih tersedia untuk dikenakan suamiku, aku sudah bahagia sekali. Yang kulakukan tidak sia-sia, pikirku. Tiap hari sebelum berangkat kantor aku akan memasak sarapan untuknya sekaligus makan siang. Tepat setelah masak aku akan sarapan sendiri karena Pak Suami biasanya ngemil duluan atau sudah sibuk kerja, nanti juga sarapan. Habis sarapan aku langsung siap-siap ngantor. Pulang kantor aku pasti masak lagi menyiapkan makanan hangat buatnya.

Nahh, beberapa waktu ini ternyata aku selalu mendapati makanan yang kumasak cuma berkurang sedikit, terkadang malah tidak disentuh selain olehku. Aku cuma bisa membuang sisa makanan-makanan itu dengan hati yang sakit (aku masak banyak karena kami ada 3-4 orang dan tiap keluar mereka seringnya sama-sama). Tanya suami, katanya dia makan diluar karena terlanjur jalan. Ini sering terjadi ya, jadi aku sempat komplain kalau dia lebih suka makan diluar aku gak papa, malah bagus gak usah capek dan repot tiap hari. Kita makan diluar atau pesan makanan saja tiap hari! Dia nokomen. Mungkin hati kecilnya setuju.

Kerjaan 20 ton

"Mungkin selesainya gak sampai malam," (tapi pulang tengah malam)

Kalau aku sudah marah seperti itu, dia akan diam, kadang meluk, kadang juga tiba-tiba kasih uang belanja. Aneh. Jadi aku bilang ke dia, "Kalau ada agendata' diluar dan ndak bisa makan di rumah, kasihtauka' supaya masakka' secukupnya saja.". Yah jawabannya sih kadang agendanya tidak tentu. Bisa jadi dia bilang pulang siang, ternyata sampai malam. Pengusaha mah gitu. Namun setelah kejadian-kejadian ini, do'i berusaha mengerti dan mengabari jika ada rencana atau kemungkinan makan diluar.

Untuk informasi aja makanan yang dibeli memang kadang lebih enak dari masakan rumah, tapi kita gak tau ada campuran apa didalamnya. Bisa saja makanan-makanan itu diberi bahan pengawet yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Soalnya baru-baru ini aku pernah curi dengar dari seorang penjual bakso, dia pakai obat (gak tau namanya, sebut aja pengawet) supaya kuah baksonya tidak mudah kecut/basi untuk waktu yang lama. Beda dengan masakan rumah yang sudah teruji kemanannya meskipun cepat basi. Apalagi aku baru-baru ini dapat ilmu tentang makanan sehat dari Istrinya Pak Masnun yang bilang sebaiknya makanan berminyak dikurangi. Tiap kali masak sebisa mungkin gak usah pakai minyak-minyakan, sekali dua kali aja seminggu. Terus bumbu penyedap gak perlu pakai msg, cukup garam dan gula. 

Aku akan terapkan resep ini di keluargaku dan menjadi keluarga yang sehat ya Blog. Okey sampai jumpa besok-besok.

0 komentar:

Posting Komentar